Mega Proyek Dunia yang Saya Temukan dari Google Earth

Ini menyambung posting sebelumnya tentang Kansai Airport. Masih banyak hal-hal lain yang tidak sengaja saya temukan di Google Earth dan ternyata itu adalah sebuah bangunan mege proyek yang di Dunia ini. Salah satunya yang saya temukan tadi yaitu Kansai Airport. Nah, sekarang saya mau sedikit share tentang mega proyek apa saja yang saya temukan di Google Earth secara tidak sengaja. Mari kita bahas satu persatu.

1. King Fahd Causeway


King Fahd Causeway yaitu merupakan sebuah jembatan yang menghubungkan negara Saudi Arabia dengan Bahrain. King Fahd Causeway merupakan salah satu mega proyek dunia karena jembatan ini merupakan jembatan terpanjang ketiga di dunia setelah jembatan Lake pontchartrain di New Orleans, Amerika dan jembatan Donghai di Shanghai, China.

Panjang jembatan yang menghubungkan Negara Arab Saudi dengan Bahrain ini mencapai 30 Km. King Fahd causeway merupakan kombinasi jembatan beberapa tanggul. Perjanjian konstruksi ditandatangani pada 8 Juli 1981. Batu pertama diletakkan pada tanggal 11 November 1982 oleh Raja Fahd dari Arab Saudi dan Syekh Salman bin Isa al-Khalifa dari Bahrain; konstruksi berlangsung sampai tahun 1986 semua kombinasi beberapa jembatan dan bendungan telah diselesaikan. Jalan lintas ini dibuka untuk digunakan pada tanggal 25 November 1986.

2. Jembatan dari Denmark ke Swedia


Pertama kali saya melihat jembatan ini di google, tidak seperti jembatan. Dugaan saya ini ternyata benar. Jembatan yang menghubungkan Denmark dengan Swedia ini memang tidak sepenuhnya jembatan karena merupakan gabungan dari jembatan dan terowongan bawah laut. Luar biasa sekali menggabungkan jembatan dengan terowongan. Pembuatan Jembatan dan terowongan ini tentu saja memerlukan teknologi yang canggih dan menelan biaya yang sangat besar.

Kombinasi antara jembatan dan terowongan ini dihubungkan dengan sebuah pulau kecil buatan. Dimana jembatan terdapat dari swedia sampai pulau buatan dan terowongan dari pulau buatan ke Denmark.

3. Tokyo Bay Aqua Line


Tokyo bay Aqua line ini saya temukan di google earth ketika saya sedang melihat bandara Haneda di Tokyo. Kemudian waktu saya lihat disekitar bandara tersebut, terdapat sebuh jalan yang menuju masuk ke laut (Teluk Tokyo).Kemudian jalan tersebut saya telusuri dan akhirnya saya menemukan ujung jalan tersebut di seberag teluk Tokyo. Ternyata itu adalah sebuah terowongan bawah laut.

Tokyo Bay Aqua Line sendiri merupakan sebuah terowongan bawah laut yang membentang di sepanjang teluk Tokyo. Tokyo Bay Aqua Line ini sangat memperpendek jarak perjalanan dari kota Kawasaki di Prefektur Kanagawa dengan kota Kisarazu di Prefektur Chiba. Sebelum untuk mencapai ke daerah tersebut orang harus mengelilingi teluk Tokyo yang membutuhkan waktu 1,5 jam, sedangkan dengan melalui Tokyo Bay Aqua Line kita hanya membutuhkan waktu 15 menit saja. Panjang keselurhan Tokyo Bay Aqua Line sendiri adalah 14 Km.

4. Chesapeake Bridge Tunnel


Nah, yang satu ini hampir sama dengan yang nomor 2 tadi, yaitu kombinasii antara jembatan dengan terowongan. Tapi bedanya Chesapeake Bridge Tunnel dengan jembatan antara Denmark dan Swedia tadi yaitu pada kombinasi antara jembatan dan terowongannya. Kalau pada jembatan antara Denmark dan Swedia hanya terdiri dari satu jembatan dan satu terowongan, sementara pada Chesapeake Bridge Tunnel terdiri dari beberapa jembatan dan beberapa terowongan yang terletak saling selang seling.

Panjang keseluruhan Chesapeake Bridge Tunnel adalah 37 Km. Chesapeake Bridge Tunnel membentang di mulut Teluk Chesapeake. Chesapeake Bridge Tunnel.

5. Kansai International Airport

Bandara Kansai merupakan salah satu dari mega proyek di dunia. Proses pembangunan bandara ini dibagi kedalam 2 tahap. Yang pertama yaitu bagian terminal 1 dengan 1 runway dan tahap 2 nya dengan penambahan gedung terminal lagi menjadi 2 runway. Selain itu sebagai penghubung antara bandara dengan daratan, ada sebuat jembatan tingkat 2 dimana bagian atasnya untuk pengendara mobil dan bagian bawahnya untuk rel kereta api. Selama tahun 2004, KIX telah melayani 102.862 pergerakan pesawat, yang 72.096 di antaranya adalah penerbangan internasional, dan 30.766 lainnya adalah penerbangan domestik. Jumlah penumpang yang bepergian melalui Kansai sebanyak 15.340.975 penumpang, yang 11.162.533 di antaranya merupakan penumpang internasional, dan 4.178.422 merupakan penumpang domestik

6. Millau Bridge

Nah, jembatan yang satu ini juga saya temukan dari google earth dan ternyata ini merupakan jembatan tertinggi di dunia. Jembatan ini tingginya hampir menyamai tinggi menara eifel di ibukota prancis, Paris.


2 Comments on “Mega Proyek Dunia yang Saya Temukan dari Google Earth”

  1. dayat says:

    cieeeeeeeeeee…. ado wordpress oi!

  2. eeehhh..
    dayat ado2 se.
    haha


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s