The Unique of Kansai Airport

Gag tau kenapa, pas awal nya ketika saya main google earth dan ingin menjelajahi kota Osaka di Jepang, saya melihat sebuat pulau buatan kecil yang terletak di teluk Osaka. Ternyata setelah saya zoom lebih dekat lagi ternyata itu adalah sebuah bandara. Bandara yang saya lihat itu ternyata adalah Kansai International Airport (KIX), yaitu bandar udara internasional utama yang menghubungkan kota osaka dengan kota-kota lain di dunia.

Setelah mencari informasi yang lebih lanjut, ternyata bandara yang satu ini lain dari yang lain. Kenapa tidak, biasa nya kita kalau berpergian dengan pesawat terbang, pasti ketika mendarat kita akan melihat daratan di bawah kita. Tetapi ini tidak kalau di bandara kansai. Ini karena bandara kansai terletak disebuah pulau buatan di tengah laut (teluk osaka). Hal yang sangat mengagumkan bagi saya. Saya memang salut dengan negara yang satu ini karena teknologinya yang cepat berkembang. Kansai International Airport merupakan salah satu dari bukti kemajuan negara matahari terbit ini.

Bandara Kansai merupakan salah satu dari mega proyek di dunia. Proses pembangunan bandara ini dibagi kedalam 2 tahap. Yang pertama yaitu bagian terminal 1 dengan 1 runway dan tahap 2 nya dengan penambahan gedung terminal lagi menjadi 2 runway. Selain itu sebagai penghubung antara bandara dengan daratan, ada sebuat jembatan tingkat 2 dimana bagian atasnya untuk pengendara mobil dan bagian bawahnya untuk rel kereta api. Selama tahun 2004, KIX telah melayani 102.862 pergerakan pesawat, yang 72.096 di antaranya adalah penerbangan internasional, dan 30.766 lainnya adalah penerbangan domestik. Jumlah penumpang yang bepergian melalui Kansai sebanyak 15.340.975 penumpang, yang 11.162.533 di antaranya merupakan penumpang internasional, dan 4.178.422 merupakan penumpang domestik (http://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_Udara_Internasional_Kansai)

Saya sangat salut dan tertarik dengan bandara yang satu ini. Selain dari letak nya di tengah laut, juga tentang teknik pembuatan yang sangat tinggi. Bandara ini dibangun dalam waktu yang cukup lama dan dengan melibatkan lebih dari 10.000 pekerja.

Beberapa foto Kansai International Airport  :

 

Video pendaratan di Kansai International Airport :


Satu hal lagi yang dapat kita pelajari tentang teknologi dari negara lain yang dapat kita jadikan contoh supaya negara kita dapat lebih maju lagi, terutama dalam bidang teknologi.


2 Comments on “The Unique of Kansai Airport”

  1. TonyTruax says:

    Thats pretty kool. It looks like a floating city on water.

    http://www.imdb.com/name/nm4388327


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s