Road to Dies Natalis 36 UKM-ITB

Waah, gag terasa, ternyata kurang dari satu minggu lagi, Malam Pagelaran Dies Natalis ke -36 Unit Kesenian Minangkabau, Institut Teknologi Bandung (UKM-ITB) akan segera digelar. Acara yang sudah dipersiapkan lebih dari 3 bulan ini akhirnya ditampilkan juga pada tanggal 22 April 2011 di Sasana Budaya Ganesha (SABUGA) ITB, Bandung.

Ini merupakan penampilan perdana saya di Pagelaran Dies Natalis UKM-ITB. Susah dan senangnya latihan telah saya rasakan dalam latihan ini. Banyak juga pelajaran yang saya dapat dari persiapan Dies ini, seperti tanggungjawab dan kekeluargaan. Hal yang sangat penting saya dapatkan dalam Dies ini adalah “Sesuatu acara akan terasa  makna jika kita dapat menyerap dan menjalani proses dari acara tersebut, bukan lah hasil akhir dari acara tersebut”. Tapi keberhasilan acara tersebut memang perldan penting, akan tetapi lebih penting lagi bagaimana proses kita dalam menyusun acara tersebut.

Dalam acara Dies Natalis ke-36 ini, saya tampil sebagai Perandai (Orang yang bermain Randai). Randai adalah semacam permainan anak nagari yang terdiri lebih kurang dari sepuluh orang dimana posisi mereka membentuk lingkaran yang membawakan suatu dan diselingi dengan gerakan-gerakan tari. Salah satu hal yang sangat penting dalam randai yaitu “Galambuak” .
Galambuak merupakan sebuah celana, tapi antara kedua kakinya menyatu (hampir menyerupai kain sarung). Galambuak ini nantinya berfungsi sebagai penghasil bunyi yang merupakan ciri khas dari Randai. Dulu awalnya saya tidak mengetahui tentang seluk-beluk mengenai Randai. Yang saya tau Randai itu adalah permainan yang beebentuk lingkaran. Di UKM-ITB ini lah saya mengetahui tentang Randai dan seluk-beluk tentang Randai. Hal pertama yang saya rasakan ketika bermain Randai adalah rasa capek. Ini dikarenakan dalam Randai kita harus “manggalambuak”, atau dalam bahasa Indonesianya “memukul galambuak”. Memukul galambuak ini membutuhkan tenaga yang ekstra besar, sehingga membuat kita kelelahan. Tapi karena sering latihan yang rutin, rasa letih yang terjadi saat mangalambuak pun lama-lama mulai menghilang. Dalam latihan Randai kita akan mempelajari pola-pola yang akan ditampilkan dalam Pagelaran nantinya.Randai dalam Pagelaran Dies Natalis ke-36 UKM-ITB, terdiri dari 2 babak. Babak pertama adalah Randai Sambah. Dalam Randai Sambah, gerakan yang dibawakan hampir menyerupai gerakan sambah dalam tari, dan ekspresi wajah dalam babak ini harus serius. Sedangkan Babak kedua adalah Randai Garing. Dalam Randai Garing, gerakan-gerakan yang dibawakan santai dan tidak terlalu mengemukan unsure detail dari tari. Umumnya Randai garing ini untuk membuat penonton tertawa dengan gerakan-gerakan dan lelucon yang dibawakan oleh perandai. Pada dasarnya kedua babak tersebut sama, hanya saja fungsi dari randai yang dibawakan tersebut yang berbeda.

Randai hanyalah salah satu dari seni minang yang akan ditampilkan dalam acara Dies Natalis ke-36 UKM-ITB. Masih banyak penampilan lain yang akandi tampilkan dalam acara ini. Berikut macam-macam seni yang akan ditampilkan dalam rangkaian acara Dies Natalis ke-36 UKM-ITB :

1. Pre-Event Dies Natalis ke-36 UKM-ITB
a. Randai
b. Tari Piring

2. Art, Sciences, and Technology Event 2011
a. Lomba “Karya Tulis Ilmiah”.
b. Lomba “Berbicara Lewat Gambar”.
c. Lomba Essay

3. Malam Pagelaran Dies Natalis ke-36 UKM-ITB
a. Tari Galombang Pasambahan
b. Tari Urak Langkah
c. Tari Sapu Tangan
d. Tari Panen dan Gandang
e. Tari Piriang Manggaro
f. Tari Ulu Ambek dan Manyibak Galanggang
g. Randai
h. Drama
i. Musik Kolaborasi

Itulah serangkaian acara yang akan ditampilkan dalam Dies Natalis ke-36 UKM-ITB. Saya berharap Dies ini akan bejalan lancar nantinya dan kami dapat menampilkan yang terbaik. Semoga acara yang berlangsung pada tanggal 22 April 2011 akan sukses, dan kami dapat tersenyum lega atas keberhasilan Dies Natalis ke-36 UKM-ITB kami.

Amin..

🙂



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s