Belajar Hidup Mandiri !

"manage your time"Siapa yang sangka coba,..

Yang dulu nya masih tinggal sama orang tua, sekarang harus jauh dari orang tua dengan waktu yang tidak singkat

kalo laper, ya terpaksa beli sendiri, trus makan nya sendiri juga😦

kalo bangun pagi, ya harus bangun sendiri tanpa ada orang yang ngebangunin

kalo banyak cucian yang kotor, ya terpaksa harus dicuci sendiri

begitu juga yang lainnya

………

Nah, mungkin begitu lah fase baru yang sedang saya jalani pada saat sekarang ini..

Dulu waktu SMA di SMA Negeri 2 Padang, saya udah nargetin buat kuliah di luar Padang. Bukannya nya gag mau kuliah di Padang sih, cuma emang mau mencoba untuk belajar hidup mandiri jauh dari orang tua, ditambah dengan keinginan saya untuk kuliah di universitas yang terbaik di Indonesia. Saya pun berhasil meraih keinginan saya untuk kuliah di luar, tepatnya saya kuliah di ITB Bandung. Hidup mandiri yang jauh dari orang tua pun akhirnya saya rasakan. Saya sadar bahwa kemandirian itu sangat penting artinya dalam menentukan kesuksesan seseorang, disamping faktor-faktor yang lain. Tapi dulu saya pikir untuk menjadi mandiri itu gampang. Itu cuma lah hal sepele yang saya rasa bakal didapetin dengan sendirinya.

…….

Tapi apa kenyataannya coba????

Belajar buat hidup mandiri itu sangatlah susah, jauh dari apa yang saya bayangkan sebelumnya. Jangankan buat masak sendiri, atau nyuci sendiri, buat bangun pagi saja saya masih sering telat. Mungkin karena waktu tinggal di rumah, saya selalu dibangunin oleh orang tua, tapi sekarang saya dituntut untuk bangun sendiri. Tapi itu tidak membuat saya menyerah. Saya selalu berusaha untuk mendisiplinkan diri saya sendiri walaupun tidak ada orang tua yang mengawasi saya. Disanalah saya dituntut untuk bisa hidup mandiri. Contohnya saja soal bangun tadi. Kalau saya tidak mendisiplinkan diri saya sendiri, mungkin saya akan selalu telat untuk bangun pagi.

Saya harus bisa mengatur waktu saya sendiri tanpa ada yang mengawasi. Memang itu terasa sangat berat bagi saya, tapi saya akan selalu berusaha untuk melakukan. Saya yakin saya pasti bisa melakukan!

Saya yakin bahwa saya pasti bisa untuk menjadi seorang anak yang mandiri!!!



Leave a Reply

